Laman

Sabtu, 09 Maret 2013

Proses Pengolahan Sampah yang Baik

Setiap orang pasti setiap hari akan menghasilkan sampah, baik dari rumah tangga, perkantoran, lingkungan dan dari industry. Ternyata sampah yang kita hasilkan semakin banyak saja karena kebutuhan kita terus bertambah. Karena sampah yang semakin banyak, maka akan timbul masalah yang diakibatkan dari sampah yang tidak dikelola. Masalah yang timbul biasa seperti pencemaran lahan kosong, pencemaran yang terjadi di sungai, pencemaran udara dan menimbulkan berbagai macam penyakit .Adanya juga masalah yang timbul karena cara pengolahannya kurang baik, seperti perkembangan populasi lalat, nyamuk, kecoa dan tikus yang diakibatkan dari sampah yang dibiarkan menumpuk sudah lama dan mengakibatkan berbagai sumber/sarang penyakit dan juga pemanasan global yang ditimbulkan dari pembakaran sampah besar-besaran, perubahan iklim yang tidak sesuai dll.

Maka dari itu kita harus bisa mengolah sampah-sampah itu dengan baik. Sehingga tidak menimbulkan masalah.Cara pengolahan sampah terdiri dari beberapa tahapan yaitu :

·         Pemisahan
Maksudnya, kita harus memisahkan sampah sebelum dikelola. Karena sampah dapat dipisahkan menjadi 2 jenis yaitu sampah organic dan sampah anorganik. Sampah organic adalah sampah yang masih bisa diurai lagi oleh pengurai, misalnya sampah yang berasal dari tumbuhan, dan daging. Dan sampah anorganik adalah sampah yang tidak bisa diurai tetapi masih bisa didaurulang kembali, misalnya plastik, kaca, logam, dan kertas.

·         Pengolahan
Pengolahan sampah disini terdiri dari tiga tahap yaitu :

·         Pengurangan
Pengurangan berarti untuk mengurangi terjadinya penumpukan sampah agar tidak terlalu banyak. Yaitu dengan menggunakan barang/produk yang bahannya masih bisa didaurulang. Karena proses pendaurulangan tersebut bisa mengurangi penumpukan sampah, sehingga masalah-masalah yang ditimbulkan dari sampah bisa sedikit teratasi.  Barang-barang yang bisa didaurulang yaitu sampah anorganik. Contohnya yaitu, pemakaian kertas hasil daurulang, pengguanan plastic yang masih bisa didaurulang kembali dan masih banyak lagi.

·         Pemanfaatan kembali
Pemanfaatan kembali maksudnya memanfaatkan sampah-sampah yang masih bisa digunakan/dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. Contohnya yaitu, pengguaan kaleng bekas untuk tempat sampah, pembuatan mainan dari kaleng-kaleng bekas dan masih banyak lagi.

·         Pendaurulangan
Pendaurulangan yaitu pemprosesan/pengolahan kembali sampah-sampah yang bahannya bisa didaurulang menjadi suatu produk yang baru. Bahan-bahan yang digunakan dari pendaurulangan sampah yaitu sampah anorganik yang didaurulang menjadi mainan, kertas hasil daurulang, vas bunga, gelas dll. Dan juga sampah organic yang didaurulang menjadi pupuk kompos.

Itulah cara pengolahan sampah yang baik dan benar. Dan apabila cara pengolahannya seperti ini, maka bisa mengurangi terjadinya pencemaran lingkungan dan bumi bisa diselamatkan. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar